Selasa, Agustus 14, 2007

Pulau Rote



Ada yang pernah denger Pulau Rote? Kalo di peta, kadang-kadang ditulisnya Pulau Roti. Padahal nama yang bener adalah Rote, mungkin karena aksennya kali yaa. Saya mengunjungi Rote pada bulan Februari 2006.

Objek wisata yang menarik:
  1. Pantai Nemberala. Pantai yang (katanya) masuk top surfsite seperti Waikiki, Hawaii. Kebetulan beberapa minggu sebelum saya datang diselenggarakan semacam world series surfing championship. Memang anginnya kenceng banget, ombaknya gede, pasirnya putih bersih, pemandangannya indah, pokoknya Subhanallah. Foto di atas memperlihatkan saya yang sedang berjuan melawan kencangnya angin Nemberala.
  2. Tanjung Boa. Kalo di peta namanya Bua. Di sana (katanya) lokasi dimana angin bertiup paling kencang di Asia. Yang ngukur (katanya) insinyur Jepang. Dari Boa bisa keliatan Pulau Ndana yang jadi sengketa antara RI dengan Australi.
  3. Pantai Oesili. Ini juga lumayan bagus. Pernah nonton film the Beach? Ya, mirip2 itulah.
  4. Dll.
Kalo mau ke sana, datanglah pas musim panas, bulan Juli-September. Biasanya banyak bule2 bawa surfboard dan gelombang laut ga terlalu gede. Dari Jakarta/Surabaya naek pesawat ke Kupang, trus naek kapal cepat atw ferry ke Rote. Nah dari Rote, bisa milih mau kemana tuh. Soalnya objek wisatanya lumayan jauh dari ibukota Rote. Hotel dan resort cukup terjangkau. Nerima US dollar dan rupiah. Jangan lupa siapin uang secukupnya dan kartu ATM yang konek ke ATM Bersama. Soalnya di sana cuma ada ATM Bank NTT yang konek ke ATM Bersama. Ini pengalaman lho. Saya kehabisan uang dan terancam ga bisa pulang karena ga ada cukup uang untuk beli tiket kapal. Kebetulan ada orang baik yang mau minjemin saya uang.

Lumayanlah udah pernah ke tempat wisata yang bahkan ga banyak orang Indonesia yang tau tapi cukup terkenal di luar negeri. Jadi rada eksklusif kan? So, buat apa jauh2 ke luar negeri?

2 komentar:

Unknown mengatakan...

wah mau mau..banyak bule kan? Yakin sanes pakde? :D, jadi bangga ka indonesah, sakediiiiiik..:)

I am Birong mengatakan...

hi rizki, saya birong..
kebetulan, lagi ketik rote di search google, blog-mu keluar! jadi, tak liat2 bentar.
kebetulan lagi, saya abis dari sana, dan terkesan banget. iya, rote luar biasa.
sayangnya, apa yang kamu tulis kurang menggambarkan rote. hehehe, kayak saya ini jago aja. cuma, kemarin saya juga sempet nulis soal nembrala-rote di blog saya. silahkan berkunjung kalo mau.. cuma mau share pengalaman rote aja :)
oke, itu aja. thanks ya.
-Birong-